Makna Pers

Secara etimologis, pers berasal dari bahasa Belanda, sedangkan dalam bahasa Inggrisnya adalah press atau bahasa Perancisnya presse yang artinya tekan atau cetak. Istilah pers menurut UU Pers jelas berbeda dengan jurnalistik, hubungan kemasyarakatan (humas), atau reporter. Pengertian pers bisa berarti usaha percetakan atau penerbitan, seperti surat kabar, majalah, buku, atau pamflet-pamflet. Bisa pula berarti usaha pengumpulan dan penyiaran berita melalui surat kabar, majalah, radio, atau televisi.

Pers dilihat dari kegiatannya, sifatnya lebih luas dari jurnalistik, humas, atau reporter. Namun, masyarakat umum mengenal pers cukup dengan salah satu media massa, yaitu usaha percetakan atau penerbitan atau usaha dan penyiaran berita.

Menurut UU Pers Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, pengertian pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik yang meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronika, dan segala jenis yang tersedia.

Iklan

Perihal Ronny Tri Asmara
University Student | Computer Technician | Programmer | Webmaster | Blogger | Pusamania | Metalheads

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: